Minggu, 05 Februari 2012

Natural Candle Light

Memotret lilin itu gampang saja... tetapi untuk mengambil warna aslinya? Tanpa sentuhan atau editing tambahan? Bukan main... Jalan pintas untuk melakukan foto adalah dengan memutar kenop option ke mode auto tapi tanpa blitz. Misalnya pada Nikon D3100, kenopnya ada pada posisi atas dengan tampilan sebagai berikut:

Tampilan atas panel Nikon D3100
Jika dilihat baik-baik, kenop di posisi huruf M (Manual). Anda tinggal memutar kenopnya ke arah kanan hingga ada bunyi klik (kliknya hingga 6x). Sampai melewati ikon yang berwarna hijau. Namun saya sama sekali tidak akan menganjurkan hal tersebut. Sebaiknya anda membiarkan kenopnya berada pada pilihan M. Kemudian atur sensitivitas ISO. Jika hari mulai gelap, namun masih ada cahaya (sore hari di dalam kamar dengan cahaya matahari sore yang masuk lewat jendela, katakanlah sekitar pukul 6 sore), maka pasanglah ISO sekitar 500. Pindahkan kenop lensa ke mode auto, bakar lilin, bidik, dan jepret...

Kenapa saya tidak mau anda menggunakan mode Auto tanpa blitz? Karena itu akan memanjakan anda, membuat anda menjadi tidak profesional. Untuk setingan ISO, klik tombol yang ada simbol <i> misalnya yang nampak pada panel belakang Nikon D3100 di bawah ini, posisinya di tombol paling bawah.

Panel Belakang Nikon D3100
Perhatikan tombol di sebelah kiri, bagian paling bawah. Setelah menekan itu, di layar akan muncul tampilan informasi. Pilih bagian ISO, dan tekan tombol OK. Kemudian pilih ISO 500. Hasilnya bisa anda pertimbangkan lagi Konsepnya, semakin gelap cahaya ruang, maka semakin tinggi ISO yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menurunkan starter speed dan diafragma atau apertur.

Hasilnya? Ini hasil jepretan saya:

Jepretan Alami Cahaya Lilin

Cahaya lilin alami

Nah... gimana? Pengen coba? Slamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar